www.herbaltama.com - Manfaat Daun Alpukat
 
Home > Tanaman Obat > Alpukat > Manfaat Daun Alpukat

 
 
 
 
 
 
 
 

Manfaat Daun Alpukat


Tumbuhan ini sangat kaya dengan bermacam kandungan kimia yang sudah diketahui, tetapi sering kita tidak tahu tentang manfaatnya terutama buat kesehatan kita sebagai obat tradisional alami yang sangat membantu untuk selalu hidup sehat dan segar tanpa penyakit yang mengganggu kita.
Buah dan daun mengandung Saponin, flavonoid dan alkaloida. Daun alpukat ini rasnya pahit, kelat, peluruh kencing dan bersifat anti bakteri yaitu menghambat pertumbuhan beberapa spesies bakteri : staphyloloccus sp, pseudomonas sp, escherichea sp dan baccilus sp.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya Diantaranya Sebagai Berikut :

Kencing Batu

Daun alpukat 4 lembar, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai dan daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pela, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring kemudian airnya minum 3 kali 3/4 gelas.

Darah Tinggi, Sakit Kepala

3 lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin minum airnya.

Nyeri Syaraf dan Nyeri Lambung

Daun 3 - 6 lembar dicuci bersih, diseduh atau direbus setelah dingin airnya diminum.

Saluran Nafas Membengkak, Mentruasi Tidak teratur

Daun 3 - 6 lembar dicuci bersih, direbus setelah dingin minum airnya.

Nah itulah beberepa manfaat dan khasiat daun alpukat bagi kesehatan tubuh kita yang perlu kita ketahui untuk obat tradisional alami yang sangat bermanfaat untuk selalu menjaga kesehtatan kita dari berbagai penyakit. Selamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat ya buat semua.

----------------------------------------------------------------------------

Kandungan yang dimilki oleh daun alpukat itu sendiri. Berikut beberapa kandungan dari daun alpukat:

1. Flavonoid

Kandungan yang dimilki daun alpukat adalah flavonoid.  Flavonoid disini mempunyai peran penting sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jadi, sepatutnya anda mau memanfaatkan daun alpukat agar anda terhindar dari berbagai penyakit seperti misalnya kanker. Namun, selain manfaat tersebut, kandungan flavonoid daun alpukat juga memberikan manfaat lain.

Berikut beberapa manfaat daun alpukat dari kandungan flavonoidnya:

  • Daun alpukat berperan sebagai antibiotik.
  • Daun alpukat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoroposis.
  • Daun alpukat juga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita.
  • Daun alpukat bermanfaat sebagai pelindung tubuh terutama pada bagian struktur selnya.
  • Daun alpukat juga bisa dijadikan obat untuk anti-inflamasi.

   

Selain itu, daun alpukat masih memilki manfaat lain yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit.

2. Querstin

Daun alpukat juga mengandung querstin yang merupakan kandungan senyawa flavonol terbesar. Querstin disini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan cara mencegah proses peroksidasi lemak dalam tubuh kita. Mungkin kita akan malas mengonsumsi daun alpukat karena rasanya yang pahit, namun rasa pahit disini merupakan manfaat yang bersifat diuretic dalam mencegah tumbuhnya bakteri dalam tubuh kita.

Selain itu, kandungan querstin bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. nyeri lambung dan syaraf, sakit kepala dan juga untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

3. Polifenol

Daun alpukat juga mengandung polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan polifenol merupakan senyawa yang termasuk dalam kelompok anti-oksidan. Pada umumnya polifenol terdapat pada beberapa makanan seperti kacang-kacangan, kulit buah dan sayuran.

Berbagai Manfaat Rebusan Daun Alpukat

Untuk itu, kita bisa menyimpulkan betapa banyaknya manfaat daun alpukat dari kandungan-kandungan untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat daun alpukat dalam mengatasi berbagai penyakit serta cara menggunakannya:

1. Mengatasi sakit pinggang

Bahan: Daun alpukat sebanyak 5 helai dan 2 gelas air

Cara: Rebus daun alpukat pada 2 gelas air yang disediakan sehingga air tersebut nantinya tersisa 1 gelas. Setelah itu saring airnya dan embunkan selama satu malam. Kemudian minumlah air tersebut secara rutin setiap hari selama satu minggu.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Bahan: Daun alpukat sebanyak 3 helai dan segelas air panas.

Cara: Cuci bersih 3 helai daun apukat dan masukkan pada air panas yang disediakan sambil diseduh. Setelah itu tunggulah sampai air panas tersebut dingin. Lalu saringlah airnya dan minum sekali sehari.

3. Mengatasi penyakit asma

Bahan: Daun alpukat yang masih muda sebanyak 7 lembar, 3 gelas air dan garam 1 sdm.

Cara: Rebus semua daun alpukat pada air 3 gelas dengan dicampuri 1 sendok garam. Tunggulah sampai air tersebut tersisa separuhnya atau 1,5 gelas. kemudian saringlah air dan minum air tersebut sebelum tidur.

4. Mengatasi pegal linu

Bahan: Daun alpukat sebanyak 9 helai, sedikit kunyit yang telah dirajang serong, daun ciplukan, 3 gelas air, gula aren dan garam secukupnya.

Cara: Rebuslah semua bahan yang ada pada air 3 gelas yang telah disediakan hingga tersisa setengahnya atau 1,5 gelas saja. Setelah itu saringlah airnya dan minumlah secara rutin sesaat sebelum tidur malam harinya.

5. Mengatasi sakit perut dan disentri

Bahan: Daun alpukat sebanyak 5gr, rimpang kunyit 6 gr, akar temu kelinci 5 gr, daun pegagan segar 6 gr dan air panas sekitar 115 ml.

Cara: Seduh semua bahan pada air panas yang telah disediakan. Setelah itu saringlah airnya dan minum sertiap hari sekali.

Jadi sebaiknya anda tidak hanya memanfaatkan buah alpukat saja. Sebab manfaat daun alpukat juga tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh kita seperti misalnya mengatasi penyakit-penyakit diatas. Mungkin rasanya akan sedikit pahit daripada buahnya. namun cobalah manfaat daun alpukat sebagai penunjang kesehatan anda.

Harga bahan baku herbal simplisia / serbuk, klik disisni !

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
www.herbaltama.com

2